Analisis Siakad Unipdu


MAKALAH
PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI
ANALISIS SIAKAD UNIPDU DENGAN METODE PIECES





Dosen Pengampu :



Disusun Oleh Kelompok 3 :

1.    Angga Prihantono (4117004)
2.    Yokinda Anindya (4117011)
3.    Novi Cahya Ningdliyah (4117036)
4.    Miftahul Huda Rimba A. M. (4117042)
5.    David Maulana Aziz (4117088)
6.    Rahman Hakim (4115049)
7.    Ahmad Zuhad Asy’ari (4115104)



FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
PRODI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ‘ULUM JOMBANG
TAHUN AKADEMIK
2019


KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena telah melimpahkan rahmat-Nya berupa kesempatan dan pengetahuan sehingga makalah ini bisa selesai pada waktunya.
Makalah ini kami buat untuk memberi pengetauan dan manfaat tentang ANALISIS SIAKAD dengan metode PIECES. Tak lupa rasa terima kasih kepada Dosen Pengampu Bapak Endang Kurniawan, S.Kom., M.M., CEH., CHFI., CIPM.
Kami berharap semoga makalah ini bisa menambah pengetahuan tentang cara penggunaan metode PIECES. Namun terlepas dari itu, kami memahami bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, sehingga kami sangat mengharapkan kritik serta saran yang bersifat membangun demi terciptanya makalah selanjutnya yang lebih baik lagi.


Jombang, 14 April 2019


(penyusun)



DAFTAR ISI







BAB I

PENDAHULUAN


A.   Latar Belakang

Sistem Informasi Akademik/SIAKAD merupakan salah satu fungsi utama dalam sebuah kegiatan pengolahan data mahasiswa di UNIPDU Jombang. Dimana situs web ini memberikan informasi baik kepada mahasiswa di UNIPDU. Berharap SIAKAD ini akan mempercepat proses serta membuat pekerjaan lebih akurat dan lebih ringan.
Di Universitas yang manapun, negeri/swasta haruslah memiliki satu situs web yang mana khusus isinya tentang kegiatan-kegiatan mahasiswa di kampus,visi dan misi, sejarah dan profil-profil tentang kampus. Ini berguna untuk memberikan informasi kepada masyarakat sekitar agar mengetahui dengan jelas seluk-beluk universitas tersebut.

B.   Rumusan Masalah

1.    Apa yang dimaksud dengan metode PIECES?
2.    Apa tujuan kita menganalisis SIAKAD?
3.    Apa yang dimaksud dengan SIAKAD?

C.   Tujuan

1.    Untuk mengetahui maksud dari metode PIECES.
2.    Untuk menambah wawasan bagi mahasiswa/mahasiswi.
3.    Untuk mengetahui perkembangan teknologi.
4.    Untuk mengenal lebih jauh tentang metode PIECES.

D.   Manfaat

1.    Untuk menambah wawasan dan pengetahuan.
2.    Untuk mengetahui manfaat dan penggunaan SIAKAD.



BAB II

HASIL DAN PEMBAHASAN


A.   Pengertian SIAKAD

SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) online adalah suatu Sistem Informasi Akademik yang dibangun untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik kampus secara online.Kegiatan administrasi akademik kampus seperti; proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pengisian nilai, perwalian, pengelolaan data dosen & mahasiswa yang dapat digunakan secara online. Sistem ini juga dapat berfungsi sebagai pendukung untuk analisis data dalam menentukan keputusan Kampus.

B.   Fungsi SIAKAD

SIAKAD memiliki fungsi sebagai media informasi akademik kampus seperti proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pembuatan kurikulum,pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pengisian nilai, pengelolaan data dosen & mahasiswa, melihat hasil nilai akhir semester dan masih banyak lagi lainnya. Sistem Informasi Akademik juga dapat berfungsi sebagai pendukung untuk analisis data dalam menentukan keputusan Kampus, dan dapat memberikan kemudahan dalam pembuatan laporan untuk pelaporan data EPSBED (PDPT) kepada DIKTI yang sesuai dengan standart nasional.

C.   Manfaat SIAKAD

Manfaat dari adanya Sistem Akademik ini adalah sebagai berikut.
a.    Mempermudah mahasiswa untuk memperoleh informasi tanpa perlu datang ke bagian administrasi di kampus yang seringkali lama karena harus mengantri, dsb.
b.    Bagian administrasi kampus juga dimudahkan dengan adanya siakad karena berkurang beban untuk berinteraksi dengan mahasiswa yang sedang butuh data. Bagian administrasi bisa memfokuskan waktunya untuk input data dan pemeriksaan data.
c.    Data tersimpan secara terstruktur dengan database yang tersimpan di dalam computer.
d.    Pembaruan data antara bagian administrasi kampus dengan bagian keuangan dapat dilakukan dengan cepat secara realtime.
e.    Pengolahan data keuangan yang lebih efektif dengan menggunakan aplikasi yang dapat mendukung proses keuangan dan proses kepegawaian
Di era yang serba milenial ini, penting bagi kampus untuk memperbarui sistem administrasi di kampus dengan menggunakan Sistem Informasi Akademik yang Terpadu. Selain menghemat waktu dan tenaga, semua pihak baik itu dosen, mahasiswa, karyawan bagian administrasi, bagian keuangan dan bagian-bagian lain dapat memperoleh data yang selalu terbarukan secara realtime.

D.   Metode PIECES

Metode PIECES adalah metode analisis sebagai dasar untuk memperoleh pokok-pokok permasalahan yang lebih spesifik. Dalam menganalisis sebuah sistem, biasanya akan dilakukan terhadap beberapa aspek antara lain adalah kinerja, informasi, ekonomi, keamanan aplikasi, efisiensi dan pelayanan pelanggan. Analisis ini disebut dengan PIECES Analysis (Performance, Information, Economy, Control, Eficiency and Service).
Untuk mengidentifikasi masalah, harus dilakukan analisis terhadap kinerja, informasi, ekonomi, keamanan aplikasi, efesiensi, dan pelayanan pelangganan atau yang sering disebut analisis PIECES. Menurut Hanif Al Fatta (2007).

E.   Hasil Analisis

SIAKAD UNIPDU memiliki fungsi sebagai media informasi akademik kampus seperti proses pembuatan kurikulum,pembuatanjadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pengisian nilai, pengelolaan data dosen & mahasiswa, melihat hasil nilai akhir semester dan masih banyak lagi lainnya. Dalam melakukan analisis situs web SIAKAD UNIPDU Jombang pada http://www.siakad.unipdu.ac.id. Situs web ini berguna untuk mempermudah mahasiswa dan dosen dalam kegiatan belajar dan mengajar.
Pertama saat mengakses situs web SIAKAD Unipdu di awal terdapat Login Mahasiswa.

SIAKAD UNIPDU, mahasiswa diharuskan login terlebih dahulu agar bisa mengakses informasi-informasi yang ada didalam SIAKAD tersebut.



F.   Hasil Analisis Metode PIECES

Menganalisa situs web SIAKAD UNIPDU ini http://siakad.unipdu.ac.id. Penulis menggunakan metode PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, Service) agar membantu pengembangan pada SIAKAD UNIPDU. Metode PIECES sebagai berikut:
a)    Analisis Kinerja (Performance)
Analisis Kinerja adalah kemampuan menyelasaikan tugas pelayanan dengan cepat sehingga sasaran atau tujuan segera tercapai. Kinerja diukur dengan jumlah produksi (Troughput) dan waktu tanggap (Respon Time) dari suatu sistem. Jumlah Produksi adalah jumlah pekerjaan yang bias diselesaikan selama jangka waktu tertentu. Sedangkan waktu tanggap adalah waktu tansaksi yang terjadi dalam proses kinerja. Dalam Menganalisis kinerja sistus web pada http://www.siakad.unipdu.ac.id penulis menggunakan aplikasi GTMetrix.
GTMetrix adalah sebuah tool yang dikembangkan oleh GT.net, sebuah perusahaan Kanada, yang bertujuan untuk membantu customer hosting mereka untuk melihat performa website mereka dengan mudah. GTMetrix adalah salah satu tool untuk mengecek kecepatan website yang paling terkenal dan paling banyak digunakan selain Pingdom . Dibandingkan dengan tool developer lainnya, GTMetrix cukup mudah digunakan dan pemula juga bisa dengan mudah mempelajarinya. Mereka menggunakan kombinasi antara Google PageSpeed Insights dan YSlow untuk menghasilkan nilai dan rekomendasinya. Penggunaan aplikasi online tersebut dapat dilihat melalui gambar dibawah ini:
                
                     
















b)   Analisis Informasi (Information)
Informasi merupakan komoditas krusial bagi pengguna akhir.Evaluasi terhadap kemampuan sistem informasi dalam menghasilkan inforamsi yang bermanfaat perlu dilakukan untuk menyikapi peluang dan menangani masalah yang muncul. Dalam hal ini meningkatkan kualitas informasi tidak dengan menambah jumlah informasi, karena terlalu banyak informasi justru akan menimbulkan masalah baru. Situasi yang membutuhkan peningkata informasi seperti:
1.    Kurangnya inforamsi mengenai keputusan atau situasi yang sekarang
2.    Kurangnya informasi yang relavan mengenai keputusan ataupun situasi sekarang
3.    Kurangnya informasi yang tepat waktu
4.    Terlalu banyak informasi
5.    Informasi tidak akurat
Informasi juga dapat merupakan fokus dari suatu batasan atau kebijakan sementara analisis informasi memeriksa output sistem, analis data meneliti data yang tersimpan dalam sebuah sistem. Permasalahan yang dihadapi meliputi:
1.    Data yang berlebihan, data yang sama ditangkap dan/atau disimpan dibanyak tempat.
2.    Kekuatan data, data diragkap dan disimpan, tetap terorganisasikan sedemikian rupa sehingga laporan dan pengujian tidak dapat atau sulit dilakukan.
Pada situs web sistem informasi akademik Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang, informasi cukup akurat dan lengkap karena setelah melakukan login ke situs tersebut mahasiswa dapat melihat informasi tentang infomasi pembayaran mahasiswa, kartu rencana studi (KRS), kartu hasil studi (KHS), transkrip nilai, jadwal perkuliahan, data mata kuliah, data mahasiswa, namun tidak ada daftar dosen, daftar peserta mata kuliah dan informasi perpustakaan pada Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang.
c)    Analisis Ekonomi (Economy)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat ditingkatkan manfaatnya (nilai gunanya) atau diturunkan biaya penyelenggaraannya.
Dengan adanya situs web SIAkad Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang, hal ini dapat bermanfaat dalam meminimalkan biaya yang dikeluarkan. Jaringan internet yang menghubungkan antara mahasiswa dan dosen dengan Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang dapat menghemat waktu dan biaya dalam memberikan informasi akademik kepada mahasiswa dan dosen dengan cara online dari pada menggunakan sistem manual. Hal ini juga sangat bermanfaat dalam mempermudah mahasiswa dan dosen mengakses berita terbaru tentang informasi akademik yang ada di Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang.
d)   Analisis Pengendalian (Control)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat ditingkatkan sehingga kualitas pengendalian menjadi semakin baik, dan kemampuannya untuk mendeteksi kesalahan/kecurangan menjadi semakin baik pula.Berikut hasilnya dibawah ini:
Keamanan pada situs web Siakad Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang telah memiliki tingkat keamanan yang baik, dapat dilihat pada gambar diatas.Tetapi masih perlu diperketat lagi karena penyusup pasti akan mencari dimana letak kelemahan pada system SIAkad ini.
e)    Analisis Efisiensi (Efficiency)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki, sehingga tercapai peningkatan efisiensi operasi, dan harus lebih unggul dari pada sistem manual.
Analisis efisiensi adalah peningkatan terhadap efesiensi operasional, berbeda dengan ekonomi. Bila ekonomi berhubungan dengan input, efisiensi tersebut berhubungan dengan bagaimana sumber daya dan informasi itu digunakan. Sistem dikatakan efisien atau berhasil, jika dapat mencapai sasaran yang diinginkan, tidak mengeluarkan banyak waktu dan tenaga kerja karyawan yang berlebihan.
Situs web sistem informasi akademik (SIAkad) Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang telah sudah efisiensi yang baik, karena sistem sudah menghasilkan output yang diinginkan. Dalam membangun sistem informasi akademik (SIAkad) memang membutuhkan biaya dan juga waktu yang tidak singkat,pikiran dan tenaga dari pihak Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang, namun dengan adanya situs web SIAkad tersebut dapat meningkatkan kuantitas informasi yang di sampaikan, dan waktu untuk penyampaian singkat dan jelas. Sehingga sangat mengefisiensi waktu bagi mahasiswa dan dosen untuk mengetahui informasi apa saja yang ada pada Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang.

f)     Analisis Layanan (Service)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki kemampuannya untuk mencapai peningkatan kualitas layanan. Buatlah kualitas layanan yang sangat user friendly untuk end–user (pengguna) sehingga pengguna mendapatkan kualitas layanan yang baik
Pelayanan pada situs web SIAkad diperlukan untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa dan dosen. Mahasiswa dan dosen Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang dapat mengakses Informasi akademik dengan mudah dan tepat waktu. Berdasarkan penjelasan diatas, sistem web SIAkad Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang telah memberikan pelayanan yang baik pada mahasiswa dan Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang



BAB III

PENUTUP

A.   Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis Sistem Informasi Akademi (SIAKAD) UNIPDU Jombang maka kami mengambil kesimpulan:
·         Dari analisis diatas dapat disimpulkan bahwa SIAkad UNIPDU Jombang sudah dikatakan bagus karena sudah memenuhi kriteria dan memiliki performa yang cukup bagus.
·         Dengan adanya siakad diharapkan untuk mempermudah mahasiswa dalam mengurus urusan perkuliahan dan juga administrasi juga mempermudah dosen untuk memberikan nilai pada mahasiswa
·         Dengan adanya SIAKAD ini mempermudah penyampaian informasi kepada dosen dan mahasiswa

B.   Saran

Saran yang dapat kami berikan untuk SIAKAD UNIPDU adalah sebagai berikut:
·         Meningkatkan kembali peforma, keamanan dan juga pelayanan
·         Perlu adanya penambahan fitur untuk melakukan tanda tangan



DAFTAR PUSTAKA


·         http://www.siakad.unipdu.ac.id
·         https://gtmetrix.com/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS UAS Pengembangan dan Implementasi. Nama : Miftahul Huda Rimba Ari Mukti (4117042)